Pengaruh Lokasi. Promosi, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengunjung Kawasan Ekowisata Tangkahan Kabupaten Langkat)

Nurafrina Siregar, Mifta Elfikri, Rizka Paramitha daulay

Abstract


Industri pariwisata merupakan salah satu industri terbesar dan merupakan sektor jasa dengan tingkat pertumbuhan paling pesat di dunia saat ini. Sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam, tidak dapat dipungkiri Indonesia memiliki banyak potensi ekowisata salah satunya adalah Kawasan Ekowisata Tangkahan di Kabupaten Langkat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah lokasi, promosi, dan fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Kawasan Ekowisata Tangkahan Kabupaten Langkat dengan sampel sebanyak 200 orang responden. Data yang diperoleh merupakan hasil dari penyebaran kuisioner kepada responden yang kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lokasi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, Promosi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, Fasilitas tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen.


Keywords


Lokasi, Promosi, Fasilitas, dan Kepuasan Konsumen.

Full Text:

PDF

References


Honey, C. J., & Sporns, O. (2008). Dynamical consequences of lesions in cortical networks. Human brain mapping, 29(7), 802-809.

Kotler, P., Armstrong, G., Ang, S. H., Leong, S. M., Tan, C. T., & Ho-Ming, O. (2012). Principles of marketing: an Asian perspective. Pearson/Prentice-Hall.

Kotler, Philip alih bahasa Sindoro (2009). Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan dan Pengendalian. Jakarta. Terjemahan Ellen Gunawan. Edisi Ketujuh. Jilid I. Erlangga.

Kumala, Octaviantika Benazir. (2012). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Tune Hotels Kuta Bali. Skripsi. Universitas Indonesia, Jakarta

Kuncoro, Mudrajat (2006), Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta : Erlangga

Miftah, Thoha. (2007). Perilaku Organisa-si: Konsep Dasar dan Perilakunya. Jakarta : Penerbit PT. Raja Grafindo Persada

Novirina (2012). Analisis pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga terhadap minat beli produk Oriflame.

Prawira dan Yasa (2013). Pengaruh kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap minat beli smart phone Samsung di Kota Denpasar.

Peter, J. Paul & Jerry C. Olson (2005). Consumer Behavior. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Priansa, D. J. (2017). Pengembangan strategi dan model pembelajaran: inovatif, kreatif, dan prestatif dalam memahami peserta didik.

Shimp, T. A. (2010). Integrated Marketing Communication in Advertising and Promotion/por Terence A Shimp (No. 658.8 S45.).

Sagita (2012). Pengaruh brand image dan harga terhadap keputusan pembelian ulang produk Kentucky Fried Chiken (KFC) Cabang Bakso Grand Mall oleh mahasiswa Universitas Negeri Padang.

Sari, Ratna Dwi Kartika. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Word Of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Mebelian pada CV. Mega Jaya Mebel Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis, Bandung, Cetakan Kedelapan, Penerbit CV.Alfabeta.

Tambajong, G. (2013). Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha Di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).




DOI: https://doi.org/10.55357/sosek.v3i1.256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SOSEK: Jurnal Sosial dan Ekonomi published by BUNDA MEDIA GRUP is abstracting & indexing in the following databases:

  

Creative Commons License

licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License